Macam Mana Nak Cari Jodoh di Malaysia?

900k ahli di sana sedang mengunggu anda di Baitul Jannah. Mungkin.. jodoh awak ada sana.

Daftar Sekarang!

KARYA SASTRA PUISI-PENYAIR DAN PERANNYA

 

KARYA SASTRA PUISI

Saya mendefinisikan sebuah karya sastra puisi bahwa, karya seni sastra puisi hidup bersama bahasa. Melalui bahasa sastra dapat wujud atas perkawinan akal dan perasaan, dipertemukannya sel-sel majas (konotatif) dengan denotatif (terangkai dengan bahasa indah). dikandung dalam rahim imajinasi yang memiliki panca indra dan panca batin. hingga masanya terlahirlah "puisi" di tengah kehidupan bercipta, rasa, serta karsa. berbaur dalam lingkungan sosial, politik, budaya, agama, cinta, dan peradaban secara spiritual maupun filosofis. kehadirannya tidak dapat disanggah (terelakkan). Ia bebas berkelana penuh warna tanpa terikat batasan waktu, ruang dan tempat. mengalir bagai air dan bergulir laksana angin merasup ke tiap-tiap celah dalam jiwa.

BAHASA SASTRA
(Art and Language of Emotion)

Bahasa satra memiliki ciri atau karakter tersendiri sebagai berikut :
Sastra membawa bahasa yang sifatnya sendiri Akal (berfikir) dan perasaan (yang penuh dengan segala aspeknya) saling bereaksi dan mereaksi masing-masing mempergunakan bahasa sendiri-sendiri untuk menyatakan jalan pikiran Karya sastra tercipta akibat pertemuan dunia batin dengan dunia batin sumber ilham Bersatunya fikiran dan perasaan Mengajak pembaca melihat lebih dalam, ke dalam hakikat segala sebab dibelakang kenyataan yang tampak Keinginan, ide, perasaan, hasrat, gagasan, atau saran untuk menyampaikan sesuatu kepada masyarakat dan bangsanya Karya sastra merupakan karya yang dinamik, innovatif serta penuh unikum-unikum baru
Maka setiap karya sastra dapat terlihat melalui sebagai berkut :
Karya yang besar (berbobot) ditunjang oleh pengetahuan dan pengalaman yasng besar pula Dibelakang tiap karya (ciptaan) terdapat perpustakaan kehidupan yang luas Wilayah pengarang tidak terbatas, mengangkat seluruh kehidupan. termasuk kehidupan didalam diri manusia sendiri, yakni wilayah pikiran dan perasaan, wilayah sadar dan bawah sadar PERN SASTRA DAN PENYAIR

Ketika Kennedy dilantik menjadi Presiden amerika Serikat, ia tidak lupa kepada puisi. Buktinya ia mengundang Robert Frost, penyair besar amerika pada pertengahan abad ke 20 untuk membacakan puisi. John F. Kennedy pun mengatakan " Kalau politik kotor, puisilah yang akan membersihkannya."

ini sebagian cuplikan kecil, namun secara intens karya sastra dapat menceritakan tentang sejarah. sejarah yang menceritakan kehidupan sosial, politik, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya. baik secara spirituil maupun wacana yang berlangsung dalam sebuah peradaban zaman dimana sebuah puisi itu lahir. karena dibalik sebuah karya dapat diteliti serta dikaji history dan latar belakangnya yang mempengaruhi -pemikiran-karya tersebut.

Secara tidak lansung, seorang penyair berperan sebagai pelaku sejarah melalui syairnya. tidak hanya itu, tapi ia juga memberi gagasan, ide, kritik, pesan, harapan, pandangan luas kedepan bergerak maju demi mencapai sebuah perubahan dalam berbagai segi kehidupan yang diupayakan dengan segenap jiwanya dapat terwujud -sesuai dengan apa yang menjadi cita-cita dan harapannya- sebagaimana yang ditoreh menjelma bahasa yang indah.

Baca perbualan