http://www.kapasitor.net/community/
Article  Information  Life  Opinion  Relationship  

LET'S WRITE...!!!

iklaneka
 

 

Sebenarnya sebuah karya bisa kamu ciptakan, sebab siapa saja bisa menulis. Tidak ada yang tak mungkin. Hanya saja, “Apakah anda memiliki kemauan atau tidak?”. Kata pepatah mengatakan bahwa, ‘dimana ada kemauan, disitu pasti ada jalan’ untuk menuju kearah apa yang anda inguinkan. Jika ‘kemauan’ itu sudah ada, maka anda mesti membangun beberapa unsur dalam diri anda, yakni :

 

Semangat sebagai senjata mengalahkan rasa bosan dan bermalas-malasan yang mempengaruhi daya kerja untuk mencapai apa yang anda inginkan.  

 

Optimis dan yakin bahwa anda bisa membuktikan potensi yang anda miliki. Memacu kretifitas mengembangkan ide-ide yang selama ini terpendam atau sebatas anda pautkan dalam angan-angan saja.

 

Percaya diri dan jangan minder dengan kesuksesan yang diraih orang lain. Karena orang lain juga pasti memiliki hal yang sama sebelumnya, seperti yang anda rasakan saat ini. Keragu-raguan hanya akan membuat anda mengulur-ulur waktu yang sia-sia, bisa jadi akhirnya terbengkelai tak berbuat apa-apa.

 

Pantang menyerah demi mewujudkan sebuah karya pasti mengalami kesulitan. Perlu diketahui bahwa, semakin sulit tinggkat tantangan yang ada, maka semakin besar pula kebanggaan yang nanti anda rasakan diakhir episode jerih payah yang selama ini anda lakukan.

 

Tekun membaca dan mencari inspirasi sekaligus sebagai koreksi dalam tulisan-tulisan yang anda ciptakan supaya lebih kaya imajinasi dan memiliki bobot kwalitas didalamnya. Dengan harapan tulisan anda nantinya mampu menampung semua jiwa para pembaca karya anda.

 

Konsentrasi serta fokus pada pijakan tema tulisan anda. Jangan mudah terkecoh oleh pertimbangan dengan saran yang diberikan orang lain yang justru bisa menghambarkan pokok ide bahasan yang anda buat. Pelajari kritikan-saran itu sebagai acuan penambahan dalam anda berkarya.

 

Setelah semua hal tersebut diatas anda tanamkan, maka selanjutnya mempersiapkan diri memasuki langkah awal yang kamu perlukan, antara lain :

 

Ide cemerlang

Ide adalah garis start untuk memulai menulis. Kadang susah menemukan ide, tapi bukan berarti anda tidak mempunyai ide sama sekali. Dengan ide itu terciptanya titik rangsang motifasi dalam tulisan anda. Ide-ide itu tidak perlu muluk atau harus perfect. Tapi bagaimana ide itu kuat. Sehingga tetap bertahan biarpun anda mengalami writer’s block (jalan buntu). Sebab ide yang lemah bisa membuat karyamu tumbang dengan sendirinya.

  

Kertas kosong

Sediakan yang banyak untuk menulis dan menuangkan konsep atau outline. dan bisa untuk mencatat imajinasi atau ide attractive yang mungkin muncul tanpa diundang.

 

Pena

Bawa selalu benda ini agar moment yang penting atau sesuatu yang terlintas untuk ditulis tidak terlewatkan begitu saja, atau membawa alat tulis yang warna-warni agar anda lebih bisa bebas untuk berekspresi. Juga bisa jadi terapi bagi jiwa anda

 

Mood

Ciptakan suasana yang tenang, nyaman dan fresh, kalau perlu melibatkan sesuatu yang bisa merangsang mood dan enjoy, seperti mendengarkan musik favorit anda. Perasaan mood seseorang berbeda-beda, kadang ada yang mencari suasana sepi atau ke tempat-tempat yang terbuka, misalnya di pantai. Bukankah menulis itu dari hati?. Maka dari itu anda bebas menciptakan dunia sendiri dalam hati untuk lebih bisa menghayati apa yang anda tulis.

 

Dalam memulai membuat karya jangan mencari opening yang sempurna, ini akan membuat anda justru tidak melakukan apa-apa dan kertas anda pun tetap kosong. Lakukan sebisa anda, biarkan tulisan-tulisan itu mengalir, tidak menutup kemumgkinan ide-ide akan bermunculan memenuhi pikiran anda. Tapi jangan enggan untuk menggantinya dengan tulisan yang lebih menarik.

 

Buatlah sebuah konsep dari ide yang sudah anda temukan. Pastikan tema dan seting latarnya. Tentukan inti dari tulisan dan pesan yang ingin anda sampaikan. Kemudian susun outline dari garis besar tema menjadi pecahan-pecahan kerangka pikiran - setiap bagian harus saling berhubungan - untuk masing-masing sebuah paragraph atau bab. Sebab tanpa kerangka tulisan, anda akan berputar-putar mengulang hal yang sama disetiap paragrafnya.

 

Untuk menambah informasi tulisan, anda bisa mencari di ininternet, melalui wawancara dengan nara sumber, survey, membaca buku, atau memperhastikan lingkungan disekitar anda. Gunakan rumus 5W + 1H (Who, What, Where, When, Why, How) supaya tulisan anda akurat dan relitas.

 

Dalam menyusun tulisan, perkaya dengan perbendaharaan kata (baik bahasa istilah atau metafor), jangan memakai atau mengulang-ulang kata yang selalu sama dan monotone, supaya pembaca tidak bosan. Buatlah gaya tulisan yang berbeda atau lain dari yang lain (inovatif). Kemas tulisan melalui sudut pandang yang berbeda, dengan caramu sendiri sehingga tidak mudah ditebak. Buat alur cerita yang mengalir dengan memperbanyak deskripsi membangun rasa penasaran pembaca agar tidak terhanti membaca sebelum ending. Anda harus bisa menciptakan karakter  yang kuat, karena tulisan yang bagus adalah tulisan yang mempunyai karakter yang kuat, plus konflik yang terjadi diantar tokoh-tokohnya. Mintalah pendapat orang lain jika kurang yakin dengan tulisan anda.

 

Menulis itu memang butuh proses, perlu penjiwaan, jangan tergesa-gesa mengakirinya, jika tidak ingin jalan ditempat. Koreksi kembali tulisan anda dengan membacanya kembali. Jika ada kata atau kalimat yang kurang pas, bisa anda gubah. Kurangi kalimat yang panjang dan bertele-tele. Ini hanya akan mencabarkan perasaan pembaca. Perhatikan secara seksama tanda bacanya agar mudah difahami maksud alur cerita dan emosinya. Serta buatlah karya anda benar-benar hidup dalam diri pembaca. Dengan begitu tulisan anda bisa diterima oleh pembaca secara utuh tentang maksud, tujuan, gagasan, harapan yang terkandung didalam tulisan anda..

 

Ada bebrapa hal yang wajib diingat, yaitu Jangan menjiplak karya orang lain, kecuali  anda mengambil sebagai referensi untuk menambah wawasan anda dan memperkaya khasanah bahasa. Jangan menulis sesuatu yang tidak pasti kebenarannya, kerena pembaca tidak mau dibohongi. Dan yang penting lagi, jangan merasa anda menjadi orang yang gagal. Anda pasti bisa dengan terus belajar, berusaha, serta mencoba.

 

selamat berkarya

salam zay

:))

 


Share!Email

about the author

Zay Achmad

diletan & impresionis
pujangga | Add pujangga as your friend | Send Message

my other posts
RAGAM DAN JENIS PUISI | 3016 reads
KARYA SASTRA PUISI-PENYAIR DAN PERANNYA | 12836 reads
ALIRAN PUISI | 693 reads
JEDA | 1803 reads
APRESIASI PUISI | 904 reads
View all
Comments From Facebook

Comment
Hantar komen
Sila login ke Kapasitor atau gunakan akaun Facebook anda

advertise@karyamedia.net
advertise@karyamedia.net

subscribe to kapasitor

KapaSTORE
Creative Content Marketplace

BUY NOW: Fantastic 4


admin blog